Siswa Juga Bisa Jadi Succes Entrepeneur


Kenapa Siswa harus Entrepreneurial?

                Ambisi seorang siswa terbesar dan sebagian besar dari mereka adalah menjadi tenaga ahli yang bekerja di sebuah intansi dengan gaji yang tinggi. Memang sangat terjamin dalam kesejahteraan hidup, tetapi tidak selamanya demikian. Masih ingatkan Asean Economic Community? Apa jadinya jika kita, siswa Indonesia hanya bermimpi sebatas menjadi tenaga ahli yang menerima gaji milyaran dari perusahaan asing. Kita memang kaya dan makmur. Tapi, bagaimana nasibnya orang-orang yang tidak seahli kita? Sedangkan mereka adalah saudara sebangsa. Itulah salah satu alasan sederhana mengapa kita harus punya jiwa enterpreneur.
Sejak dahulu kala ke-entrepreneur-an dan kreativitas merupakan faktor kunci sukses dalam hidup, apapun profesi seseorang. Saat ini, peran sektor ekonomi kreatif dalam perekonomian semakin besar. Selain itu, ekonomi semakin berbasis pengetahuan (knowledge based economy), di mana kreativitas dan ke-entrepreneur-an menjadi semakin penting perannya.
Kreativitas adalah semangat untuk menciptakan kebaruan (novelty) dalam hidup. Kebaruan yang tidak orisinil (klise) adalah kepalsuan dan kebohongan yang tidak bernilai. Kreativitas atau kemampuan menambah kebaruan dalam hidup bermasyarakat menentukan derajat, kualitas, kedalaman, serta kesegaran peradaban bangsa. Sedangkan nilai entrepreneurial mencakup sikap mandiri yang tidak bergantung pada siapapun, selalu menemukan jalan keluar dalam menghadapi persoalan apapun dalam hidup, serta ulet dan tidak menyarah menghadapi tantangan apapun dalam hidup. Lalu bagaimana caranya jadi YOUNG ENTERPRENEUR?
1. Settinglah mindset kita terlebih dahulu. Enterpreneur bermula dari sebuah keinginan dan kegigihan yang didukung oleh kreativitas individu.
2. Belajar berpikir kritis dan menambah wawasan. Hal tersebut akan melatih kita untuk cekatan menyikapi setiap keadaan.
3. Temukan peluang di setiap keadaan karena peluan itu selalu ada hanya saja terkadang kita sulit untuk menemukannya karena kita kurang kritis.
4.Latihlah kecakapan diri untuk menjadi individu yang ulet dan tidak menyerah serta penuh semangat. Selalu mencari inovasi di setiap pemecahan masalah.
5.Jadilah siswa yang mempunyai jaringan luas, banyak bergaul dengan berbagai kalangan. Karena semakin luas jaringan maka semakin mudah kita bergerak.
6.Mulailah belajar bisnis dari lingkup kecil dan subjek yang sederhana.
7.Berpikirlah kritis dan kreatif untuk memperbaiki dan menyukseskan bisnismu.

SELAMAT MENCOBA calon pengusaha
@lailinayah
Previous
Next Post »